JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL
Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS)

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Di Kelompok B TK AT-TIIN Perumnas Helvetia Medan T.P 2020/2021

Dabukke, Barita Esman (Unknown)
Laia, Asa’ro (Unknown)
Rumahorbo, Uly Yustia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase di TK AT-TIIN Perumnas Helvetia Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian adalah seluruh anak di kelompok B TK AT-TIIN Perumnas Helvetia Medan dan Sampel penelitian adalah 18 anak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pada penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Penerapan, Observasi dan dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak. Pada pertemuan I siklus I sebesar 43.88% meningkat menjadi 51,53%, pada pertemuan II siklus I. Pada Siklus II meningkat menjadi 80,42%. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan motorik halus anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tekesnos

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Education Engineering Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Focus: Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (TEKESNOS) diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sain dan Teknologi Informasi, Ilmu Kesehatan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan serta Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media ...