JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS)

Perubahan Perilaku Komunikasi Anak Semasa Pandemi Covid-19 Di Proses Pembelajaran Daring Sampai pada Pembelajaran Tatap Muka Yang Diadakan Setiap Sekolah Pada Bulan Juli 2020 Di Kota Medan Sumatera Utara

Napitupulu, Evi Enitari (Unknown)
Simamora, Nurhawati (Unknown)
Luga, Noyanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Komunikasi merupakan suatu interaksi yang terbentuk secara alami pada setiap orang, dimana dengan adanya komunikasi maka terbentuklah perilaku baik antar pribadi maupun antar kelompok. Wabah covid-19 telah merubah kebiasaan manusia, termasuk bidang pendidikan. Kondisi ini menyebabkan perubahan cara berkomunikasi pada anak. Hal ini mempengaruhi sikap setiap orang dalam berperilaku, tidak dapat dipungkiri akhir-akhir ini di dua tahun terakhir dengan terjadinya Pandemi Covid-19 membuat pihak sekolah ataupun pemerintah mengadakan pembelajaran secara Online ataupun Daring untuk menghindari covid-19 tersebut. Dampak yang terjadi membuat para siswa atau anak menjadi lebih sering aktif dalam menggunakan smartphone dan mengikuti pembelajaran melalui aplikasi yang telah ditentukan pemerintah seperti Google Classroom dan lain sebagainya namun dampak lainnya yaitu setiap anak menggunakan smartphone memiliki kebutuhan lain yaitu anak menjadi lebih sering bermain Games ataupun menggunakan media sosial sperti Tiktok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalan Teori Perilaku Komunikasi (Komunikasi Behaviorisme)menurut John Watson (littlejohn, 2009) perilaku yang terbentuk merupakan hasil suatu pengondisian. Hubungan berantai sederhana antara stimulus dan respon yang membentuk rangkaian kompleks perilaku. Rangkaian kompleks perilaku meliputi; pemikiran, motivasi, kepribadian, emosi dan pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan penelitian dengan adanya Perubahan Perilaku Komunikasi pada anak maka akan menghasilkan komunikasi verbal dan non verbal yang menghasilkan stimulus-respon. Sedangkan hambatan yang dihadapi selama sekolah online adalah tidak memiliki hp android, tidak mempunyai paket data, jaringan internet tidak stabil, tidak melek teknologi, anak-anak tidak memahami materi yang dikirimkan guru, dan anak-anak kurang fokus saat belajar. Sedangkan cara mengatasi hambatan tersebut adalah orang tua mengambil materi pelajaran dan tugas di sekolah, membeli hp android, berusaha melek teknologi, orag tua berusaha menjelaskan materi yang belum di pahami oleh anak, dan anak berusaha bertanya pada teman, guru dan mencari informasi di internet, serta orang tua selalu berupaya mendorong anak-anak tetap fokus belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tekesnos

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Education Engineering Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Focus: Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (TEKESNOS) diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sain dan Teknologi Informasi, Ilmu Kesehatan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan serta Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media ...