JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL
Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS)

Pengaruh Metode Pq4r Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia

Friska, Maria (Unknown)
Damanik, Adinda Rafina (Unknown)
Arman Bemby Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemhaman siswa kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Kelas eksperimen terdiri dari 19 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 19 siswa. Tekinik pengumpulan data penelitian berupa tes dan observasi . Berdasarkan hasil penelitian dan analisi data serta pengujian hipotesis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD. Hal tersebut dapat dilihat dari Uji Hipotesis dan Uji Paired Sample T Test terlihat bahwa nilai signifikansi sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Metode PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tekesnos

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Education Engineering Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Focus: Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (TEKESNOS) diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sain dan Teknologi Informasi, Ilmu Kesehatan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan serta Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media ...