Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATERI PYTHAGORAS

Syaifuddin, Syaifuddin (Unknown)
Antari, Luvi (Unknown)
Rohman, Rohman (Unknown)
Juriah, Juriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Matematika memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. Namun, seringkali pembelajaran matematika di sekolah menghadapi kendala, terutama dalam pemahaman Pola Bilangan. Pandangan siswa yang menganggap matematika sulit berdampak negatif pada hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang baik dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah problem posing, siswa menjadi aktif dan dapat meningkatkan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model problem posing terhadap hasil belajar matematika pada materi Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 20 Palembang. Kelas VIII.2 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model problem posing, sementara kelas VIII.1 menjadi kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data diuji dengan menggunakan uji-t. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 20 Palembang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...