Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Vol. 1 No. 1, Desember (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

Waeroh, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha, Iim Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap pembelajaran drama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PTK. Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negri 1 Jalupangmulya. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode role playing merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode role playing maka keterampilan menulis teks drama dan berdrama siswa kelas V SD Negeri 1 Jalupangmulya dapat meningkat hal tersebut dapat dilihat dari ketercapaian nilai KKM siswa dan prosentase yang mengalami peningkatan dari siklus I 56,25% , siklus II 68,75% dan siklus III 100% , jadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing adalah sebesar 35%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik (SM) dengan e-ISSN: 3089-3569 merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ...