Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap pembelajaran drama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PTK. Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negri 1 Jalupangmulya. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode role playing merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode role playing maka keterampilan menulis teks drama dan berdrama siswa kelas V SD Negeri 1 Jalupangmulya dapat meningkat hal tersebut dapat dilihat dari ketercapaian nilai KKM siswa dan prosentase yang mengalami peningkatan dari siklus I 56,25% , siklus II 68,75% dan siklus III 100% , jadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing adalah sebesar 35%
Copyrights © 2024