Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber energi hasil belajar siswa masih sangat rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran materi sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Ssumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas III pada semester II tahun pelajaran 2023/2024 melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Metode analisis datanya adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Contextual Taeching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari hasil yang didapatkan pada awalnya mencapai nilai rata-rata 54,64 dengan presentase 35,71% pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,86 dengan presentase 50% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77,32 dengan presentase 89,28% . Berdasarkan hasil penelitian, bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas III SDN Curuglanglang 1Kecamatan Munju Kabupaten Pandeglang Banten
Copyrights © 2024