BHAKTI JIVANA
Vol 2 No 2 (2025): Volume 2 No 2 Agustus 2025

OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI DIGITALISASI ARSIP SURAT MENYURAT DI KANTOR KELURAHAN

Akhmad Yani, Akhmad Yani (Unknown)
Doviyanto, Rusdi (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Ansari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pelayanan publik di Kantor Kelurahan Karang Mumus, Samarinda, melalui digitalisasi arsip surat menyurat yang selama ini masih dilakukan secara konvensional. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan praktis yang dilaksanakan dalam satu hari, yaitu pada 20 Juni 2025. Efektivitas program diukur secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai staf, dari 46 pada pre-test menjadi 92 pada post-test. Peningkatan hampir sebesar 100% ini membuktikan bahwa program pelatihan dan pendampingan yang singkat sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan staf. Meskipun program satu hari ini berhasil memberikan bekal dasar, disimpulkan bahwa keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang membutuhkan pengembangan lebih lanjut, seperti pendampingan berkala dan implementasi sistem manajemen arsip elektronik (E-Arsip) yang lebih komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-bhakti-jivana

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing

Description

BHAKTI JIVANA : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat E-ISSN: 3108-9704 is an academic journal published three times annually (April-August-December) by Forum Komunikasi Dosen (FKD). This Journal is a scientific publication that focuses on the results of community service activities. These activities ...