Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah

Pelatihan Digital Marketing Dalam Pengembangan UMKM Di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Kasnelly, Sri (Unknown)
Elisa, Putri (Unknown)
Karomah, Siti (Unknown)
Raniasa, Fitra (Unknown)
Rahmadani, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Di era digital, digital marketing (pemasaran digital) telah menjadi sangat penting bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelatihan ini mengeksplorasi pemasaran digital yang telah dilakukan dalam mengembangkan UMKM di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pengabdian kepada Masyarakat berbentuk pelatihan ini menggunakan metode door to door dengan mendatangi beberapa pelaku UMKM untuk diberikan pemahaman dan dilatih hingga mampu menggunakan pemasaran digital. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa belum semua pelaku UMKM menggunakan pemasaran digital. Dengan pelatihan ini, pemasaran secara digital melalui facebook dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, pemasaran digital membantu UMKM membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan mengurangi biaya pemasaran. Namun, kendala seperti keterbatasan pengetahuan teknologi dan akses internet yang tidak merata masih menjadi tantangan, diperlukan dukungan berbagai pihak untuk memaksimalkan potensi digital marketing (pemasaran digital) bagi UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-amal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is a scholarly journal focusing on Islamic Business Management, published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of the Institut Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. The journal is published biannually in July and December. Al Amal welcomes and ...