AKSIOMA
Vol. 11 No. 1 (2022): AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN RESOURCE BASED LEARNING

Jumri, Rahmat (Unknown)
Murdiana, Murdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap kemampuan representasi matematis siswa dimana dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah, dikarenakan siswa masih ada yang bersikap pasif selama proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya mendengarkan, mencatat, dan kurang aktif mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Dalam proses pembelajaran siswa sering mengalami kesulitan membedakan antara konsep objek dalam proses pembelajaran ketika dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penerapan pembelajaran representasi matematis dengan pendekatan Resource Based Learning. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah – langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 24 siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 09 Lebong. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dan tes kemampuan representasi matematis dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan representasi matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...