Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 1 (2023)

MENELAAH PERBEDAAN KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM MERDEKA

Dewi Mawardini, Intan (Unknown)
Sajjad, Arsyad Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kurikulum pada dasarnya yakni sebuah rancangan yang didalamnya terdapat materi atau materi pelajaran yang akan dipelajari. Sejarah kurikulum di Indonesia, mengalami perubahan dari masa ke masa. Perubahan tersebut dilakukan atas dasar kebutuhan dan mengakomodir kebutuhan dan perkembangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan studi literatur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa tujuan Kurikulum 2013, peserta didik dituntut untuk kreatif, memecahkan masalah dan dapat aktif serta lebih inovatif. Penilaian yang dilakukan oleh guru tidak hanya dari aspek akademik saja, namun guru dapat menilai misalnya dari aspek religius dan kesopanan. Sementara pada Kurikulum merdeka memiliki beberapa tujuan diantaranya, menciptakan pendidikan yang menyenangkan, mengejar ketertinggalan pembelajaran, dan memberikan kebebasan kepada semua pihak terkait dalam proses belajar mengajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...