ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Vol 1 No 01 (2024): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar

Implementasi Model Learning Cycle untuk Menanamkan Konsep Teori Bruner, Materi Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Takengon

Almi Hidayat, Muhammad (Unknown)
Nurfitriani, Rahmah (Unknown)
Musradinur, Musradinur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Model Learning cycle dapat mengasah kemampuan berfikir mahasiswa dalam memahami konsep teori Bruner, sehingga tidak hanya menerima tetapi juga menganalisis teori. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan langkah-langkah model Learning Cycle dan kendala yang dihadapi. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Objek penelitian adalah mahasiswa PGMI semester V IAIN Takengon. Hasil penelitian adalah penerapan tujuh langkah model Learning Cycle: (1) Elicit (Mendatangkan pengetahuan awal), (2) Engage (Melibatkan), (3) Explore (Menyelidiki), (4) Explain (Menjelaskan) (5) Elaborate (Menerapkan), (6) Evaluate (Mengevaluasi) dan (7) Extend (Memperlauas). Kendala yang dihadapi adalah kurangnya fasilitas teknologi dan lingkungan belajar kurang kondusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elm

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar adalah jurnal terkemuka yang berstatus peer-review dan open access. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah dari peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Fokus utama jurnal ini adalah pada isu-isu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan ...