ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Vol 1 No 01 (2024): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar

Penerapan Media Ulat Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar

Wulan Dhari, Putri (Unknown)
Sahwani (Unknown)
Nurfitriani, Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ini menganalisis langkah-langkah pembuatan media ulat pintar, penerapannya dalam pembelajaran membaca permulaan, dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan melalui studi kasus pada seorang guru tingkat awal sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dijalankan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ulat pintar dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan pemahaman peserta didik terhadap pengenalan huruf dan kata. Peserta didik lebih mudah mengenal bentuk huruf, membedakan bunyi huruf yang mirip, dan membaca kata-kata sederhana setelah menggunakan media ini. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti pengelolaan kelas dan perbedaan kemampuan awal peserta didik. Studi ini menyimpulkan bahwa media ulat pintar merupakan alat bantu yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca permulaan. Hanya saja. perlu diimbangi dengan pengelolaan kelas yang baik dan perhatian terhadap perbedaan kemampuan individu peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elm

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar adalah jurnal terkemuka yang berstatus peer-review dan open access. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah dari peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Fokus utama jurnal ini adalah pada isu-isu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan ...