Journal of Islamic Science Community
Vol. 2 No. 2 (2023)

SOSIALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Bintang Pamungkas, Zakaria (Unknown)
Dwi Nurcahyaningtias, Novia (Unknown)
Muhammad , Darsa (Unknown)
Ummah, Wardatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Upaya menangkal faham radikalisme harus dimulai dan ditanamkan sejak dini. Implementasi dari hal tersebut bisa dimulai dari institusi di jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai religious moderation atau moderasi beragama dalam pemberian materi dan dalam kegiatan pembelajaran. Upaya tersebut akan terealisasi jika terjalin komunikasi aktif antara guru dan murid serta bantuan pemangku kebijakan. Tujuan kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya nilai-nilai moderasi beragama yang harus sudah tersemaikan dan terimplementasikan di Tingkat sekolah dasar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah presentasi, tanya jawab, dan diskusi. Hal ini sangat penting karena fondasi pengetahuan dan karakter harus diberikan ketikan anak berada di jenjang sekolah dasar. Dengan adanya pengetahuan dan pemahaman yang baik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang keberagaman budaya dan agama, sehingga mereka lebih mempunyai sifat toleransi antar teman dilingkungan sekolah dan antar manusia di lingkungan Masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

isc

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ISC: Islamic Science Community adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ponorogo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun dan bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan penerapan ilmu ...