Penelitian kualitatif ini mengambil sampel 37 siswa dari kelas VII, terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode kerja kelompok dalam pelajaran matematika berdampak positif pada siswa. Selain itu, penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan: dua kali untuk kegiatan pembelajaran dan satu kali untuk tes hasil belajar. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Analisis deskriptif dilakukan untuk menganalisis data hasil belajar. Nilai tes pertama memiliki nilai rata-rata 62,54 dalam kategori kurang baik, dengan persentase 19% dari sampel 7 siswa yang tuntas, dan nilai tes kedua memiliki nilai rata-rata 77,16 dalam kategori sangat baik, dengan persentase 73% dari sampel 27 siswa yang tuntas. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas VII MTs Arraoda dipengaruhi positif oleh metode kerja kelompok.
Copyrights © 2023