Matematika adalah ilmu dasar yang sangat penting bagi siswa. Pentingnya ilmu matematika yang dipahami oleh siswa dapat menjadi bekal untuk kehidupan sehari-hari. Kurangnya minat siswa dengan pelajaran matematika dikarenakan pelajarannya yang monoton sehingga siswa cepat merasakan jenuh. Selain proses pembelajaran yang monoton, guru juga tidak menggunakan strategi pembelajara yang menarik dan mengakibatkan siswa memiliki mainset berpikir yang menekankan pada ketidaksukaan pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL yang digunakan dengan edustore memengaruhi minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen pretest dan posttest, dengan desain one sampel t-test. Selain itu, metode analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil posttest menjadi 75 sedangkan berdasarkan analisis data uji normalitas data dan berada pada kategori normal, kemudian data dilakukan uji t-test, data berada pada taraf sig 0,000 kemudian data dilanjutkan untuk uji n-gain dengan rerata mencapai 0,4 dan berada pada kategori sedang. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi dengan menggunakan model PBL menggunakan aplikasi edustore dalam meningkatkan minat belajar siswa
Copyrights © 2023