Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

KAJIAN SIMBOL ETNOMATEMATIKA BUDAYA NAGE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD: Kata kunci: Studi simbol etnomatematika; Pembelajaran Matematika.

Ndoya, Maria Karmelita (Unknown)
Ledu, Maria Goreti Gowa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Di Indonesia, pembelajaran matematika lebih konvensional dan kurang kontekstual. Hal ini berdampak pada kurangnya kemampuan numerik siswa dalam menangani masalah berpikir dan berpikir kritis. Oleh karena itu, kemampuan matematika siswa harus ditingkatkan melalui pembelajaran matematika yang inovatif. Pembelajaran sains yang inovatif dapat dilakukan melalui metodologi sosial atau yang disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan metode pendidikan yang memasukkan kearifan budaya lokal ke dalam pembelajaran matematika. Motivasi di balik penulisan ini adalah untuk melihat gambaran sosial Nage dalam berbagai struktur dan model yang terkait dengan pembelajaran matematika, seperti potongan rumah adat. Penelitian kualitatif digunakan dalam proses penulisan tinjauan pustaka. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa gambaran konvensional Nage membahas bagian numerik perhitungan, seperti bentuk persegi panjang. Penelitian ini dilakukan oleh pendidik dan siswa dengan tujuan untuk menumbuhkan apresiasi yang lebih besar terhadap budaya dan matematika Nage.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...