Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL

PENERAPAN PBL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI KUALITATIF PADA SISWA SMPN 6 KOPANG

Nurrasyid, Aldi (Unknown)
I Ketut Sukarma (Unknown)
Sanapiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika serta dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 6 Kopang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa (14 laki-laki dan 12 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket motivasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 73,21%. Angket motivasi menunjukkan respons positif dengan skor 78,5% untuk pernyataan positif dan 75% untuk pernyataan negatif. Hasil tes menunjukkan seluruh siswa mencapai KKTP dengan rata-rata skor 3,32 untuk menjelaskan sifat dan perbedaan persegi, serta 3,28 untuk menghitung keliling dan luas persegi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran matematika kontekstual

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...