Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD 071071 SOMOLOMOLO

Juniaman Lawolo (Unknown)
Muslih (Unknown)
Sri Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode role playing yang dikombinasikan dengan media buku cerita bergambar pada siswa kelas IV SD 071071 Somolomolo. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa yang terlihat dari data observasi, kuesioner, dan hasil tes belajar. Pada siklus I, sekitar 60% siswa mencapai standar kelulusan, sedangkan pada siklus II angkanya melambung menjadi 85%. Melalui integrasi metode pembelajaran yang interaktif ini, siswa tidak hanya lebih aktif, tetapi juga lebih menikmati proses belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...