Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran rambutan di Desa Padang Brahrang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Metode penentuan sampel penelitian dilakukan dengan cara snowball sampling. Metode pengumpulan data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data penelitian digunakan secara deskriptif kualitatif. Pola saluran pemasaran rambutan di daerah penelitian adalah saluran pemasaran I : Petani à Pedagang Pengecer à Konsumen dan saluran pemasaran II : PetaniàPedagang PengumpulàPedagang PengeceràKonsumen. Fungsi-fungsi pemasaran rambutan di daerah penelitian adalah pada saluran pemasaran I dan II petani rambutan melakukan fungsi-fungsi pemasaran meliputi fungsi pertukaran yang berupa penjualan. Sedangkan, pada saluran pemasaran I dan II pedagang pengecer dan pedagang pengumpul rambutan melakukan fungsi-fungsi pemasaran meliputi fungsi pertukaran yang berupa pembelian dan penjualan, juga fungsi fisik yang berupa pengemasan, penyimpanan, dan pengangkutan, dan juga fungsi fasilitas yang berupa sortasi, penanggungan resiko, dan informasi pasar. Dan juga pada saluran pemasaran I dan II konsumen rambutan melakukan fungsi-fungsi pemasaran meliputi fungsi pertukaran yang berupa pembelian.
Copyrights © 2024