el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2024): MARCH - AUGUST 2024

PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (ANALISIS KONSEPSI, TUJUAN, MATERI, STRATEGI, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN)

Sultan Isnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Rumpun keilmuan Pendidikan Agama Islam menjadi landasan utama dalam penerapan SKI di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi sejarah kebudayaan Islam (SKI), tujuan pembelajaran SKI, isi materi SKI (MI, MTs, dan MA), strategi pembelajaran SKI serta evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan untuk pengembangan pembelajaran SKI secara holistik, melibatkan lebih dari sekadar pengetahuan dan hafalan. Cakupan materi SKI perlu diperluas untuk memastikan pemahaman yang mendalam. Praktik pembelajaran SKI di MI, MTs, dan MA cenderung kurang menarik minat siswa, menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih inovatif dan menarik. Evaluasi pembelajaran juga menjadi fokus, dengan temuan bahwa belum maksimal diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran SKI. Oleh karena itu, rekomendasi dapat diajukan untuk memperbaiki strategi pembelajaran, mengembangkan materi yang menarik, dan meningkatkan metode evaluasi guna memastikan pembelajaran SKI mencapai tujuan yang diinginkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eL-Tarbawi

Publisher

Subject

Religion

Description

el-TARBAWI adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Naskah Aceh. Menyajikan tentang hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan Agama Islam. Diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Oktober s.d. Februari dan Maret s.d. Agustus. Diharapkankan kehadiran jurnal ini berguna bagi ...