Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
Vol. 1 No. 1 (2024): Januari

Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Astrid Aprillia (Unknown)
Sri Reski Maulana Putri (Unknown)
Lusiana Jelita (Unknown)
Sri wartina (Unknown)
Seri Selviani (Unknown)
Diana Fatika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan indikator kesalahan yaitu jenis kesalahan konsep, jenis kesalahan prinsip dan jenis kesalahan operasi. Subjek penelitian adalah siswa SD,SMP,SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan konsep dimana kesalahan subjek tidak dapat memahami konsep variabel,  subjek tidak menuliskan pemisalan dan kesalahan dalam menjemahkan  permasalahan ke dalam model matematika. Sehingga apabila kesalahan konsep  dilakukan secara otomatis, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi pasti  dilakukan dan permasalahan tidak dapat dijelaskan lebih lanjut karena  subjek tidak dapat menuliskan bentuk persamaan sehingga soal tidak dapat  terselesaikan dengan benar. 

Copyrights © 2024