Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
Vol. 1 No. 3 (2024): Juli

Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di Sekolah Dasar Pahlawan

Nasrul (Unknown)
Indriyanto (Unknown)
Romi Laspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi pembelajaran berbasis inkuiri terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa di Sekolah Dasar Pahlawan. Pembelajaran berbasis inkuiri dianggap sebagai pendekatan yang efektif dalam mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan mengembangkan keterampilan ilmiah yang esensial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran berbasis inkuiri dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan proses sains dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan proses sains siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan ini mencakup keterampilan mengamati, mengklasifikasi, merumuskan hipotesis, dan menarik kesimpulan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermakna bagi siswa, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami konsep-konsep sains secara kritis dan analitis. Dengan demikian, pembelajaran berbasis inkuiri dapat diimplementasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif di sekolah dasar untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa.

Copyrights © 2024