Jurnal DIMASTIK
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari

PELATIHAN APLIKASI CAPCUT BAGI SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN EDITING VIDEO

Handayani, Sri (Unknown)
Susanto, Susanto (Unknown)
Wakhidah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Variasi media pembelajaran perlu didukung dengan penyajian materi yang menarik, sehingga memberikan pembelajaran yang tidak monoton. Salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi yaitu menjadikan smartphone sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa (Suryaman, 2022).  Salah satu aplikasi yang saat ini sedang tren dalam editing video adalah aplikasi CapCut. Pembelajaran desain grafis yang diberikan pada siswa masih menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop. Permasalahan yang muncul adalah ketrampilan siswa dirasa masih kurang untuk membuat video yang interaktif dan menarik. Sehingga perlu adanya keterampilan editing video yang memiliki ilustrasi atau visual yang lebih kompleks menggunakan aplikasi CapCut (Wijaya et al., 2023). Metode pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pra test, kemudian pemaparan materi yang dilanjutkan praktik langsung di Laboratorium Komputer M.2.3 dan diakhiri dengan evaluasi hasil berupa posttest. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan terdapat peningkatan kemampuan seluruh peserta yang ditunjukkan dari hasil kuesioner responden sebesar 87.9% dimana peserta telah mengikuti dengan baik terhadap materi yang diberikan saat kegiatan dilaksanakan.Kata Kunci: capcut, editing video, video promosi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dmstik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (Jurnal DIMASTIK) diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Artikel yang dipublikasikan di Jurnal DIMASTIK merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat. ...