Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 6, No 3 Jul (2018)

Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII

Mediati Firdausa (FKIP Universitas Lampung)
Farida Ariyani (FKIP Universitas Lampung)
Nurlaksana Eko Rusminto (FKIP Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
25 May 2018

Abstract

This research aimed was to describe the use of Ejaan Bahasa Indonesia in the student description essay. The research used qualitative approach and descriptive method. In this research, the data obtained by collecting essays made by students. Futhermore, the data were analyzed and classified by surface strategy taxonomy and communicative effect taxonomy. The result of this research indicate that in the student description essay of grade VII SMPN 1 Metro is as follows: (1) based on surface strategy taxonomy are found (a) omission, (b) addition, and (c) misformation and (2) based on communicative effect taxonomy are found (a) local error and (b) global error.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan mengumpulkan karangan deskripsi buatan siswa. Selanjutnya, data dianalisis dan diklasifikasikan menggunakan taksonomi siasat permukaan dan taksonomi efek komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan siswa kelas VIIĀ  SMPN 1 Metro adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan taksonomi siasat permukaan ditemukan (a) kesalahan penghilangan, (b) kesalahan penambahan, dan (c) kesalahan pembentukan dan (2) berdasarkan taksonomi efek komunikatif ditemukan (a) kesalahan lokal dan (b) kesalahan global.Kata kunci: ejaan, karangan deskripsi siswa, taksonomi kesalahan berbahasa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...