Journal of Psychology
Vol. 2 No. 1 (2025): Agustus

PERAN TEKNIK SELF-TALK PADA BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK

Hairani, Dwi (Unknown)
Asbi, Asbi (Unknown)
Fitri Wahyuni Azmi (Unknown)
Naila Azzahra Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknik self-talk dalam bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis isi (concept analysis) terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok efektif dalam membangun pola pikir positif, meningkatkan rasa percaya diri, serta memfasilitasi pengelolaan emosi dan motivasi peserta didik melalui dukungan dan interaksi kelompok yang suportif. Simpulan penelitian ini adalah teknik self-talk dalam bimbingan kelompok merupakan strategi yang efektif dan direkomendasikan dalam membantu peserta didik mengembangkan kepercayaan diri secara optimal. Kata Kunci: Teknik Self-Talk, Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri, Interaksi Sosial  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Physics Public Health

Description

Journal of Psychology (JP) is a national journal as a medium of scientific research results, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of: Cognitive Psychology, Educational Psychology, Clinical Psychology, Industrial and Organizational Psychology, Developmental Psychology, ...