Lentera Ilmu
Vol. 1 No. 01 (2024): Januari - Juni

Pengertian dan Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan Islam

Harahap, Aidul Azhari (Unknown)
Hasibuan, Zainal Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan Islam menjadi salah satu acuan menciptakan pola kependidikan yang terarah dan tercapainya suatu tujuan yang terstruktur dan sistematis. Teori-teori kepemimpinan menjadikan sebuah paham yang menyatakan bahwasanya pola kepemimpinan di dalam pendidikan Islam tidak hanya terkait dengan pola lama atau baru namun adanya sebuah perubahan paham atas makna dan konsep sistem kepemimpinan di dalam lembaga pendidikan Islam. Kepemimpinan pendidikan Islam sebagai kemampuan untuk mengarahkan, memotivasi, menggerakan, melatih, memerintahkan, mengatur agar suatu lembaga pendidikan dapat berjalan dengan baik agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan berdasarkan dengan nilai-nilai Alqur’an dan Sunnah. Konsep dasar kepemimpinan dalam pendidikan Islam dipahami sebagai sebuah konsep tentang perilaku, karakteristik dan gaya yang menggambarkan tanggung jawab dalam memimpin. Konsep dasar kepemimpinan sebagai konsep dalam memahami tata cara seseorang yang menjadi pemimpin yang mempunyai kualitas dengan sifat sebagai seorang pemimpin. Tentu dari proses mereka setelah melalui pengorbanan, usaha, belajar mandiri bahkan kehancuran untuk mencapai sebuah tujuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lenterailmu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Lentera Ilmu: Kependidikan, Riset dan Teoritis is a scientific journal with a double-blind peer-review process, published by Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Padang Lawas Gunung Tua, North Sumatra, Indonesia. This journal aims to disseminate research findings and literature reviews conducted by ...