Edukatif
Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL

Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 29 Padang pada Materi Persamaan Garis Lurus

Septia Tri Yolanda (Unknown)
Fathur Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini di lakukan adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip yang terdapat pada materi Persamaan Garis Lurus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 29 Padang yang terletak di kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil dan kesimpulan penelitian. Dilakukan juga proses tanya jawab antara peneliti dengan sisiwa mengenai kesulitan seperti apa saat menjawab pertanyaan mengenai matematika. Dan kenapa sangat tdak menyukai pembelajrana matematika. Berikut beberapa jenis kesulitan siswa dalam pembelajran matematika materi Persamaan Garis Lurus: 1) kesulitan dalam menerjemah kan dan menafsirkan bahasa soal, 2) kesulitan dalam menggunakan prinsip, antara lain kurangnya pemahaman siswa terhadap variabel, penguasaan dasar-dasar aljabar dan kurangnya pemahaman dan pengetahuan, 3) kesulitan menggunakan konsetp, termasuk ketidakmampuan mengingat konsep, dan menarik kesimpulan dari konsep, 4) kesulitan dalam kemampuan menganalisa, termasuk kurangnya dalam perencanaan serta mereka tidak menjawab soal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukatif: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran diterbitkan oleh PT. Mifandi Mandiri Digital. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup Jurnal Penelitian dan ...