Berbakti
Vol. 1 No. 05 (2025): ISSUE JUNI

Edukasi Manajemen Stres untuk Generasi Z: Srategi Mengatasi Burnout di Lingkungan Akademik

Umy Yonaevy (Unknown)
Endang Sri Wahyuni (Unknown)
Syarifah Syarifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program edukasi manajemen stres yang berbasis teori dan bukti guna membantu Generasi Z mengatasi burnout di lingkungan akademik. Melalui pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa Generasi Z dengan usia antara 18 hingga 24 tahun. Teknik grounding 5-4-3-2-1 yang melibatkan penggunaan indera untuk mengurangi kecemasan diterapkan dalam sesi pelatihan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan skor kecemasan peserta sebelum dan sesudah intervensi menggunakan uji t-paired. Hasil menunjukkan adanya penurunan kecemasan yang signifikan setelah penerapan teknik grounding (p = 0.000 < 0.05). Temuan ini mengkonfirmasi bahwa teknik grounding efektif dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa Generasi Z yang menghadapi tekanan akademik. Penelitian ini menyarankan agar teknik grounding dimasukkan ke dalam program dukungan psikologis di lembaga pendidikan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan mengelola stres akademik di kalangan mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

berbakti

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah platform publikasi hasil praktik dan proses pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, dan masyarakat luas. Jurnal BERBAKTI bertujuan mengeksplorasi masalah dan solusi yang memfokuskan praktik yang berkaitan dengan layanan ...