Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI

Pengembangan Multimedia Interaktif “SIKARIER” Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa SMAN 1 Kalibawang

Aji Ramadhan (Unknown)
Wagiman, Wagiman (Unknown)
Edy Cahya Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif “SIKARIER” berbasis Articulate Storyline 3 sebagai media layanan informasi karier untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru BK, serta siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalibawang. Data dikumpulkan melalui angket validasi dan tanggapan pengguna, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan multimedia “SIKARIER” sangat layak dengan skor 97,5% dari ahli media dan 83,3% dari ahli materi. Uji coba lapangan menunjukkan tingkat kepraktisan tinggi dengan respon guru BK 100% dan siswa 94,3%. Produk dilengkapi fitur interaktif seperti navigasi, drag-and-drop, audio, animasi, serta dapat diakses melalui Android maupun browser HTML5. Dengan demikian, multimedia “SIKARIER” layak dan praktis digunakan untuk mendukung layanan informasi karier di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learntech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (Learntech) adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian, kajian konseptual, dan pengembangan dalam bidang teknologi pendidikan. Jurnal ini hadir sebagai sarana publikasi bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan pengembang media pembelajaran yang memiliki ...