Jurnal Pendidikan Dewantara
Vol. 2 No. 2 (2024): April

Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Membaca Pada Mahasiswa

Kurniawati, Andriana Putri (Unknown)
Laili Nur Istiqomah (Unknown)
Rahmawati, Lailatul (Unknown)
Maharani, Syabilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Terciptanya budaya atau kebiasaan yang baik merupakan faktor keberhasilan dunia pendidikan. Pendidikan merupakan upaya untuk mengubah sikap serta mendewasakan pola pikir seseorang melalui pelatihan, pengajaran, dan perbuatan mendidik untuk mengembangkan potensi-potensi baik yang ada dalam diri masing-masing individu . Membaca bertujuan agar mahasiswa mudah dalam mempelajari literatur untuk mengembangkan materi yang diterima serta untuk menambah pengetahuan baru. Menumbuhkan minat baca bagi mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Minat baca seseorang dapat dilihat dari intensitas waktu yang diluangkan untuk membaca. Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Di mana metode kualitatif ini dilakukan pada objek penelitian untuk mengetahui faktor kurangnya minat baca pada kalangan mahasiswa. Data tersebut kami peroleh dari survey melalui google form yang kami tujukan pada kalangan mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisi tentang faktor-faktor penyebab kurangnya minat baca. Data yang diperoleh dari penelitian ini ialah data kualitatif sehingga teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dewantara

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dewantara menerbitkan hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan ...