Penelitian ini bertujuan menganalisis masa depan pembelajaran membaca pemahaman kreatif melalui integrasi teknologi Google Gemini dan kearifan lokal Pela Gandong pada perguruan tinggi. Transformasi pembelajaran di era digital menuntut inovasi yang tidak hanya mengadopsi teknologi tetapi juga melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Google Gemini sebagai kecerdasan buatan generatif yang mudah diakses memberikan peluang besar untuk personalisasi pembelajaran, sementara Pela Gandong sebagai kearifan lokal Maluku memiliki potensi besar dalam membentuk karakter dan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 40 mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Abdul Mutalib Sangadji, Ambon. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Google Gemini dan kearifan lokal Pela Gandong dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kreatif mahasiswa hingga 85%, motivasi belajar meningkat 78%, dan pemahaman nilai-nilai kearifan lokal mencapai 82%. Model pembelajaran masa depan yang optimal adalah pembelajaran terpadu yang menggabungkan percakapan kecerdasan buatan dengan Google Gemini dan konten berbasis Pela Gandong, menciptakan pengalaman belajar yang autentik, personal, dan bermakna.
Copyrights © 2025