Bunyan al-Ulum : Jurnal Studi Islam
Vol. 2 No. 1 (2025): Bunyan al-Ulum : Jurnal Studi Islam

Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Pendidikan Agama Islam di SMPS IT RAUDHATUS SALAAM

Mega, Mega (Unknown)
Hafidz (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam di SMPS IT Raudhatus Salaam. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI yang disampaikan secara konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, melibatkan dua kelompok siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian: kelompok eksperimen yang menggunakan media interaktif seperti video animasi, kuis digital, dan presentasi multimedia; serta kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa, yang ditunjukkan dengan perbedaan skor pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media interaktif dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bunyanal-ulum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bunyan al Ulum will be published for the first time in 2024 in July with a publication frequency in July and January In 2024, Bunyan al Ulum will also be processed into an online journal using the Open Journal System. Bunyan al Ulum is an annual journal that focuses on Islamic studies. Published by ...