Kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh seorang guru bertujuan untuk mengubah guru yang sebelumnya merupakan guru yang tidak terlatih menjadi guru yang terlatih setelah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan. Pada program, pendidikan pelatihan tidak hanya pengetahuan dan kompetensi guru saja yang dikembangkan melainkan sikap dan perilaku yang disesuaikan dengan perkembangan pada pekerjaan mereka sehingga menghasilkan kinerja yang diharapkan oleh sistem pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan dan pe1atihan terhadap kinerja guru. Subjek di penelitian ini adalah guru-guru UPT Kecamatan Gempol di tingkat sekolah dasar yang telah mendapat diklat peningkatan kompetensi. Ada 17 responden yang ditetapkan di penelitian ini. Alat pengumpulan data yang digunakan di penelitian ini adalah kuisioner. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana berganda menggunakan program SPSS for Windows Evaluation version 26.0. Berdasarkan hasil pengujian analisis data menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru UPT Kecamatan Gempol di tingkat sekolah dasar
Copyrights © 2021