Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keefektifan teknik scaffolding terhadap kemampuan menulis eksposisi analitis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas dua sekolah menengah atas dengan jumlah peserta adalah 35 siswa. Tes menulis digunakan sebagai instrumen untuk memperoleh data. Data dianalisis dengan menggunakan Repeated Measure t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan tingkat signifikansi 0.05.Hal ini menandakan bahwa teknik scaffolding dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.  This paper reports the study investigating the effectiveness of scaffolding technique on the students’ analytical writing achievement. This study is quantitative research with the experimental design. The subjects of this research were the second-grade students of senior high school with 35 students in total.The writing test was used as the instrument to elicit the data. The data were analyzed by using Repeated Measure t-test.The results showed that scaffolding significantly improved the students’ writing achievement with the significant level 0.05. This suggests that scaffolding technique facilitates the students to improve their ability in writing.Keywords:scaffolding technique, analytical exposition, writing achievement.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018