Marifah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): Marifah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam

Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Madrasah: Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Madrasah

SUHERMAN, SUHERMAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Kurikulum pembelajaran mengetik mandiri dikaitkan dengan kurikulum satuan pendidikan sekolah agama, sehingga kita dapat merujuk pada Referensi Keputusan Menteri Agama No. 184 Tahun 2019 tentang Juknis/Pedoman Penerapan Kurikulum Madrasah yang bertujuan untuk membakukan pelaksanaan kurikulum madrasah dan memberikan pedoman bagi madrasah dalam implementasi kurikulum madrasah, memberikan peluang untuk melakukan inovasi. Pelaksanaan Penelitian bertujuan untuk mempelajari penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep Kurikulum merdeka merupakan penilaian kognitif dan penilaian nonkognitif yaitu kurikulum mandiri lebih bersifat penilaian non-kognitif. 2) Adanya perbaikan struktur kurikulum, pengembangan kurikulum dan juga evaluasi kurikulum 3) Terakhir,Perbedaannya terletak pada titik temunya, yaitu rencana jalannya studi, yang bisa juga disebut dengan RPP yang merupakan rencana akhir jalannya pembelajaran, pada Kurikulum 2020 hanya satu lembar. 4). Ada sebuah pemulihan komponen tujuan pada kurikulum Akidah Akhlak 2020 yang perluadanya perbaikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

marifah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Marifah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam is a peer-reviewed academic journal that focuses on scholarly studies and critical analysis in the field of Islamic education and the development of Islamic civilization. The journal seeks to provide a platform for researchers, academics, and ...