Journal of Al-Ilmu: Journal of Islamic Research and Education
Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL AL-ILMU Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

UPAYA GURU DALAM PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI MI AR RAHMAN WIDODAREN: TEACHERS' EFFORTS IN STRENGTHENING STUDENTS' CHARACTER VALUES THROUGH CIVIC LEARNING AT MI AR RAHMAN WIDODAREN

Dwy Susanti, Ria (Unknown)
Nuri Satriyawan, Aziz (Unknown)
Bermi, Wibawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik, selaku pendidik yang berada di sekolah mereka memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak. Dalam dunia pendidikan, tugas seorang guru tidak hanya menjadi pengajar saja, tetapi juga menjadi orang tua kedua bagi anak ketika berada di sekolah, dengan demikian guru wajib ikut andil dalam menanamkan nilai karakter, moral, dan budaya serta memberikan contoh-contoh perbuatan yang baik untuk siswanya. Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, analitis, dan bertindak secara demokratis. Dalam Pendidikan Kewarganegaraan peran guru dalam membentuk karakteristik yaitu dengan cara menjadi panutan dan teladan untuk dicontoh oleh siswa serta guru harus mendidik siswa sehingga memiliki integritas dan kedisiplinan dan dapat menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Ilmu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Research and Education in Madrasah Ibtidaiyah center on the study and development of Islamic elementary education, particularly within the context of Madrasah Ibtidaiyah. This includes research related to curriculum design, teaching strategies, learning methodologies, and assessment ...