Jurnal Psikoedukasia
Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia

Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang

Lia Nur Sanjaya, Lia (Unknown)
Sari Setianingsih, Eka (Unknown)
Widiharto, Chr.Argo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala diantaranya skala kemandirian belajar dan skala konformitas teman sebaya dengan empat pilihan alternatif jawaban respon yaitu SS (Sangat Sesuai), S (Sesuai), TS (Tidak Sesuai), dan STS (Sangat Tidak Sesuai). hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa dengan uji regresi sederhana yang dilakukan menunjukan bahwa nilai F hitung 1400,806 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka, model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel konformitas teman sebaya (X) terhadap variabel kemandirian belajar (Y) . Untuk seberapa kuat terpengaruh antara variabel X dan variabel Y dapat dilihat dari nilai R Square (koefisien determinan) sebesar 0,956 yang artinya pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kemadirian belajar sebesar 95,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh antara konformitas teman sebaya terhadap kemadirian belajar kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedu

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results ...