Jurnal Psikoedukasia
Vol. 2 No. 1 (2024): Psikoedukasia

PENGARUH KONSELING KELOMPOK BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KORBAN BULLYING DI SMP N 1 BOBOTSARI: Pengaruh konseling kelompok behavioristik dengan teknik assertive training terhadap korban bullying di SMP N 1 Bobotsari

Ayusta Sri Nurhayati (Unknown)
Yuliejantiningsih, Yovitha (Unknown)
Lestari, Farikha Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Abstrak. Pengaruh Konseling Kelompok Behavioristik dengan Teknik Assertive Training terhadap Korban Bullyiing di SMP N 1 Bobotsari dilatarbelakangi oleh adanya perilaku bullying yang disebabkan oleh ketidakmampuan siswa korban bullying dalam bersikap asertif di lingkungan sekolah dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada penerapan konseling behavioristik dengan teknik assertive training pada korban bullying di SMP N 1 Bootsari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode penelitian pre-eksperimental desain dilakukan dalam satu kelompok pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 6 siswa korban bullying. Mendapatkan populasi dengan teknik sampling purposive mengumpulkan ilustrasi tanpa bersumber pada random. Alat pengumpulan data menggunakan menggunakan kuesioner. Hasil uji hipotesis hasil uji t dari paired sample test pada Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh dari layanan konseling kelompok. Dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok behavioristik dengan teknik assertive training berpengaruh terhadap korban bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedu

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results ...