Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi sistem pendidikan, termasuk penerapan e-learning di Universitas Nurul Huda. Namun, efektivitas sistem ini bergantung pada tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pengguna utama. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi faktor-faktor utama yang berdampak pada kepuasan mahasiswa dalam menggunakan e-learning UNUHA dengan memanfaatkan algoritma C4.5 yang dilandasi model SERVQUAL. Studi ini menerapkan metode kuantitatif dengan menggunakan survei berupa kuesioner yang disebarkan kepada 125 responden mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut "penguasaan dosen terhadap materi dan teknologi pembelajaran" (AS3) menjadi faktor paling berpengaruh dengan gain ratio tertinggi (0,312723), diikuti oleh "personalisasi pembelajaran" (EP1) (0,309469). Model klasifikasi yang dihasilkan mencapai akurasi 84% dengan F1-score seimbang (Puas: 0,86; Tidak Puas: 0,82) dan konsistensi tinggi (F1-Macro 0,91 pada validasi silang). Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi dosen dalam teknologi pembelajaran dan pengembangan fitur personalisasi sistem untuk meningkatkan kualitas e-learning. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi institusi dalam mengoptimalkan layanan e-learning berbasis kebutuhan pengguna.
Copyrights © 2025