Stres yang muncul dilingkungan kerja disebut sebagai stres kerja. Kondisi ini dapat timbul setelah individu mengalami petistiwa ditempat kerja yang menuntut reaksi penyesuaian diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab munculnya stres yang dialami oleh tenaga kerja dalam lingkungan pekerjaan dan cara mengatasi stres dalam lingkungan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah kajian pustaka atau library research, yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi dari sumber-sumber tertulis, seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, laporan penelitian, dan dokumen lain yang relevan. Hasil dari penelian ini mnunjukan bahwa stres tidak berbanding lurus dengan kinerja, karena pada tingkatan tertentu diperlukan stres agar mendorong usaha yang lebih keras untuk mencapai hasil tertentu. Dengan memahami faktor-faktor penyebab dan mengelola dengan manajemen stres akan dapat menghindari dampak yang merugikan dilain pihak bisa menodorong etos kerja yang lebih keras. Dengan memahami faktor penyebab dan mengelolanya dengan baik maka stres dalam tingkatan tertentu bahkan bisa menghasilakan ide-ide kreatif sehingga akan menghasilkan dampak positif bagi individu maupun perusahaan dimana sesorang bekerja.
Copyrights © 2025