Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) melalui media visual di Universitas Yale Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang didapatkan menggunakan observasi dalam kelas BIPA di Universitas Yale selama enam kali pertemuan, dan wawancara kepada pengajar Universitas Yale. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini sesuai dengan menggunakan analisis data dari Creswell. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan media visual dalam mengenalkan bahasa Indonesia terbagi menjadi tiga materi yaitu dialog dan percakapan, biodata mahasiswa baik dari Universitas Yale maupun dari mahasiswa Indonesia, dan dampak positif serta negatifnya. Dengan menggunakan dialog dan percakapan, bisa membantu siswa mempelajari materi atau informasi dengan mudah pada penggunaan media pembelajaran berbasis visual yang berfokus pada gambar. Dengan menggunakan biodata sebagai metode pengajaran tersebut berkaitan dengan nama, jurusan, hobi, informasi terkait bahasa, kesukaan, tim/club/organisasi, dan kontak person mahasiswa dapat menarik pembelajaran agar lebih mudah dipahami. Namun, problematika yang dihadapi saat pengajaran tersebut adalah apabila dilaksanakan dengan daring (dalam jaringan) maka akan terkendala sinyal dan metode-metode pembelajaran tersebut tidak dapat ditampilkan dengan maksimal.
Copyrights © 2024