Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 065012 Medan Tuntungan pada tahun pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Pada pretest, ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 25%. Setelah penerapan model PBL pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 37,5%, dan pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi 87,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa serta mampu mendorong keterlibatan aktif dan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025