Open Access DRIVERset
Vol. 1 No. 2 (2025): DIKKESH : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Kesehatan, Agustus 2025

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 065012 Medan

Tanjung, Darinda Sofia (Unknown)
Manalu, Edi Putra Wijaya (Unknown)
Hasibuan, Sarmita (Unknown)
Silaban, Lasria Sifra (Unknown)
Manalu, Cici Helen Boang (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 065012 Medan Tuntungan pada tahun pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Pada pretest, ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 25%. Setelah penerapan model PBL pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 37,5%, dan pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi 87,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa serta mampu mendorong keterlibatan aktif dan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025