Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika)
Vol 8 No 2 (2024)

Pengembangan E-Learning Universitas X Menggunakan Gamifikasi dan Analisa Sentimen

Sutoyo, Mochammad Arief Hermawan (Unknown)
Yulvianda, Renaldi (Unknown)
Saputra, Chindra (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Pada penelitian sebelumnya didapatkan hasil perhitungan usability terhadap aplikasi e-Learning Universitas X menggunakan system usability testing sebesar 68.97 yang berarti aplikasi yang digunakan saat ini masih bisa diterima penggunaannya oleh pengguna namun bersifat marginal sehingga perlu adanya pengembangan sistem. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis mengajukan sebuah penelitian untuk mengembangkan sistem e-learning yang ada saat ini dengan menggunakan gamifikasi. Metodelogi yang digunakan pada penelitian ini adalah throw away prototyping, yang pada tahap analisisisnya menggunakan metode penyebaran kuesioner serta analisa sentimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka gamifikasi layak untuk diterapkan pada e-Learning Universitas X, nilai system usabilty scale gamifikasi dan e-Learning yang sama yaitu 72.5, namun mahasiswa memiliki keinginan untuk mencoba penerapan prototipe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komtika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Aims Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika) is a scientific journal published by the Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Magelang and is Accredited by the Ministry for Research, Technology, and Higher Education (RISTEKDIKTI)(No:200/M/KPT/2020). It is a medium for researchers, ...