Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Peran Pendidikan dalam Mendukung Pemulihan Psikologis Korban Penganiayaan: Studi Kasus David Ozora

Ibrahim, Dimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Tindakan penganiayaan menjadi salah satu fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Berbagai tindakan penganiayaan yang sering terjadi seperti pemukulan dan kekerasan fisik seringkali mengakibatkan luka pada bagian tubuh atau anggota tubuh korban, bahkan tidak jarang menimbulkan cacat fisik seumur hidup termasuk kematian. Selain itu, tindakan penganiayaan juga tidak jarang menimbulkan efek atau dampak psikis pada korban seperti trauma, ketakutan, ancaman, bahkan terdapat korban penganiayaan yang mengalami gangguan jiwa dan mental (Fikri, 2017). Mencermati fenomena tindakan penganiayaan yang terjadi, tindakan penganiayaan tidak terjadi begitu saja melainkan diduga berkaitan dengan berbagai faktor seperti pengaruh pergaulan dan kenakalan, premanisme, kecemburuan sosial, tekanan dan kesenjangan ekonomi, ketidakharmonisan dalam hubungan rumah tangga atau dengan orang lain, persaingan, konflik kepentingan dan lainnya. Salah satu kasus yang sedang terjadi dewasa ini yaitu kasus penganiyaan terhadap David ozora yang dilakukan oleh anak seorang pejabat pajak yang bernama Mario Dandy. Tindakan penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy terhadap David Ozora dapat menyebabkan timbulnya gejala PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder yang dialami oleh korban. Selanjutnya, gejala PTSD yang terjadi akibat penganiayaan atau kekerasan fisik ini dapat mengakibatkan gangguan seperti trauma, stres, depresi, fobia, mimpi buruk dan kecurigaan terhadap orang lain dalam waktu yang sangat lama

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...