ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL)
Vol. 2 No. 2 (2025): (JANUARY) ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL)

Makna Metatah Masyarakat Hindu di Desa Amertha Sari Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow

Kartini, Ni Wayan (Unknown)
Kerebungu, Ferdinand (Unknown)
Salem, Veronika E. T. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Makna metatah dan persepsi Masyarakat hindu mengenai pelaksanaan tradisi metatah di Desa Amertha Sari, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat dan menjelaskan tentang makna metatah dan persepsi Masyarakat Hindu pada pelaksanaan tradisi metatah di Desa Amertha Sari dengan Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna metatah yang masih dilakukan oleh Masyarakat Hindu di Desa Amertha Sari memiliki makna spiritual dan religius dalam uapacara metatah sangat penting mencerminkan hubungan antara dunia material dan Rohani. Metatah tidak hanya merupakan prosesi fisik, tetapi juga memiliki dimensi spiritual yang dalam. Makna metatah juga mengajarkan pentingnya warisan budaya dan tradisi metatah mencakup aspek identitas, nilai-nilai dan komunitas budaya dalam Masyarakat. Sehingga Masyarakat Desa Amertha Sari memiliki persepsi terhadap makna metatah yang bervariasi dan menganggap metatah sebagai upacara penting yang menandai tahap perkembangan dalam kehidupan seseorang yang beragama Hindu terutama pada anak Perempuan yang telah mencapai usia remaja atau dewasa muda. Masyarakat Desa Amertha Sari yang menganut tradisi metatah, beranggapan bahwa metatah merupakan cara untuk merayakan transformasi dan pertumbuhan individu, serta memperkuat hubungan antar anggota keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eticjournal

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL) publish research and theoretical articles in the fields of education and social sciences and analyze various educational and social science issues. The contents of this journal offer a truly valuable resource for educators and educational scientists in all ...