PAEDAGOGIE
Vol 20 No 2 (2025)

Implementasi Bimbingan Kelompok Berbasis Video Animasi YouTube untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia

Raidila, Aulia Syahrani (Unknown)
Wastuti, Sri Ngayomi Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan bimbingan kelompok berbasis video animasi YouTube guna meningkatkan minat belajar anak kelas 4 SD di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan design OneGroup Pre-Test dan Post-Test, yang melibatkan 6 siswa sebagai sampel. Analisis data menggunakan uji Paired t Test menunjukkan peningkatan signifikan minat belajar dengan nilai signifikan p=0,27 (0<0,05). Hasil ini menyatakan bahwa penggunaan video animasi dalam bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan minat belajar anak. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran serupa untuk meningkatkan efektivitas dari bimbingan di lingkungan pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education Other

Description

PaedagogieĀ bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan. Jurnal ini menjadi wadah bagi peneliti, pendidik, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk bertukar gagasan dan temuan ilmiah terkait teori, praktik, serta inovasi pendidikan. Ruang ...