Buku Sekolah sebagai bahan ajar di sekolah memiliki peran yang vital dalam membentuk karakter siswa. Menghadapi kondisi saat ini yang memperlihatkan ajar yang perlu dikaji dari segi isi, terutama nilai karakter kebangsaan yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan muatan nilai karakter kebangsaan dalam buku teks pada mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan analisis isi. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan buku yang tepat melalui penelusuran buku teks secara lengkap dan akurat, sementara itu analisis isi dilakukan dengan menelaah muatan nilai karakter kebangsaan dalam buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia SD yang meliputi: (1) religius; (2) jujur; (3) toleransi; (4) disiplin; (5) kerja keras; (6) kreatif; (7) mandiri; (8) demokratis; (9) rasa ingin tahu; (10) semangat kebangsaan; (11) cinta tanah air; (12) menghargai prestasi; (13) bersahabat/komunikatif; (14) cinta damai; (15) gemar membaca; (16) peduli lingkungan; (17) peduli sosial; dan (18) tanggung jawab. Hasil analisis isi buku ajar bahasa Indonesia SD Menunjukkan bahwa muatan nilai karakter kebangsaan dalam buku teks belum tertuang secara lengkap dan proporsional. Selain itu juga masih didominasi aspek pengetahuan dan belum menekankan aspek pemahaman, internalisasi nilai, dan penerapannya.
Copyrights © 2017