Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan Bahan Ajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika angkatan 2018 yang sedang menempuh mata kuliah Sumber Belajar dan Media Pembelajaran dan mengikuti praktikum pembuatan media pembelajaran interaktif di Laboratorium Komputer Infokom. Penelitian ini mengguankan metode penelitian 4-D yang dipersingkat menjadi 3-D. Hasil validasi RPP dan Bahan Ajar adalah 89,37%, hasil validasi dari angket respon siswa adalah 89,6%. Hal ini menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dan angket respon valid. Hasil perhitungan angket respon siswa menunjukkan tiap poin pernyataan lebih besar atau sama dengan 70 sehingga dapat dikatakan praktis. Hasil tes menyatakan bahwa sebanyak 86% mahasiswa mendapatkan nilai sebesar lebih dari atau sama dengan 75 sehingga pembelajaran dapat dikatakan efektif. Perangkat pembelajaran tersebut dapat dikatakan valid, praktis dan efisien.
Copyrights © 2020