SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021

Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada Penyelesaian Analisis Kompleks

Yolanda, Fitriana (Unknown)
Sthephani, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

mahasiswa pendidikan matematika UIR pada penyelesaian soal analisis kompleks. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam pendidikan matematika FKIP UIR sebanyak 60 mahasiswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar soal tes dan wawancara terbuka. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis hasil tes soal analisis kompleks dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang melakukan kesalahan fakta hampir seluruh menjawab dengan tidak mengetahui materi secara luas, sehingga mereka lebih memilih mengosongkan jawaban daripada memberikan jawaban yang nantinya salah. Kesalahan konsep terjadi karena mahasiswa kurang memahami bentuk soal, lambat memahami soal, bingung menentukan polar dan rumus integral. Kesalahan prinsip juga dapat dilihat karena salah dalam menerjemahkan soal seperti memperhatikan sudut quadran dan menyederhanakan bilangan. Kemudian kesalahan operasi hanya sedikit terjadi pada mahasiswa karena kesalahan ini terjadi jika mahasiswa terlalu terburu-buru dalam menentukan jawaban sehingga tidak memperhatikan seluruh operasi bilangan yang ada. Dari keseluruhan jawaban mahasiswa sekitar 48% berhasil menjawab soal dengan baik dan benar, tanpa kesalahan sedikitpun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...