SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021

Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar

Rosyidah, Ummi (Unknown)
Setyawati , Astri (Unknown)
Qomariyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah aljabar dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semster genap Tahun Akdemik 2019/2020 di Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah 20 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa soal tes kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian desriptif kualitatif.  Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian persentasi kesalahan yang dialami mahasiswa pada setiap kemampuan dan perindikator rata-rata berkriteria sangat rendah. Dan dapat disimpulkan banyak kesalahan yang dialakukan mahasiswa saat menjawab soal yang diberikan. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam pengerjaan soal tersebut yaitu mahasiswa kurang teliti dalam mengoprasikan bentuk aljabar, kurang pahamnya konsep dan sifat-sifat operasi aljabar, kesulitan mengindentifikasi penyelesaian yang tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...